Selasa, 20 November 2012

Cara Ampuh Mengatasi Stress Diri Sendiri



Stress karena tugas-tugas kuliah atau pekerjaan yang tak kunjung usai?? Nah kalo begitu anda membutuhkan waktu relaxing untuk meredakan stress anda. Tapi tunggu dulu mengatasi stres ternyata tak segampang yang dipikirkan lho, banyak orang yang membutuhkan bantuan orang lain (baca: para ahli) seperti Psikolog atau bahkan sampai psikiater untuk menyembuhkannya. Namun, ada beberapa cara ampuh untuk mengurangi dan mengatasi stress yang bisa Anda lakukan di keseharian Anda tanpa merasa terbebani. 

1.       Meditasi
Meditasi adalah cara yang sangat efektif untuk meredakan dan mengurangi stress. Banyak penelitian mengatakan hal tersebut karena pengaturan pernafasan mempengaruhi pernafasan dan peredaran darah secara langsung, sehingga secara otomatis tubuh akan lebih rileks dan pikiran akan jauh lebih tenang.
Bahkan, dalam beberapa kasus, meditasi dapat membantu seseorang untuk mengendalikan nafsu makan, berhenti merokok, dan mengendalikan ketergantungan terhadap hal-hal yang merugikan (minuman keras, rokok, obat-obatan terlarang, dll).

2.       Berolahraga teratur
Bagi orang yang melakukan olahraga setidaknya 30 - 45 menit setiap hari jauh lebih rileks dan tidak mudah stress ketimbang mereka yang enggan berolahraga. Karena Olahraga teratur, semisal jogging, membantu memelihara kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah serta membantu mengontrol lemak (membakar lemak yang tidak dibutuhkan tubuh). Selain lebih rileks dan stress dapat dikontrol, olahraga juga sangat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

3.       Berkumpul dengan teman
Berkumpul dengan sahabat-sahabat yang selalu memberikan dukungan pada Anda adalah waktu yang tidak bias dibeli. Karena dengan berkumpul dengan teman-teman membagikan beban pikiran dengan orang terdekat akan membuat bebannya lebih ringan. Selain itu, masukan-masukan dari mereka bisa jadi cukup membantu masalah Anda.
Para peneliti juga menemukan, bahwa mereka yang tidak mudah stress adalah mereka yang punya banyak teman dan dapat selalu berbagi cerita dengan sahabat-sahabatnya.

Nikmatilah Hidupmu 


Sumber: Vemale.com



0 komentar:

Posting Komentar