Selasa, 20 November 2012

Puasa Penting Bagi Kesehatan




Jangan berpikir anda berlapar-lapar serta berhaus ria selama puasa tidak membawa manfaat bagi tubuh and?? Eits tunggu dulu, karena anggapan anda SALAH BESAR. Puasa punya banyak andil bagi kesehatan tubuh kita bukan hanya sekedar memenuhi kewajiban umat muslim saja untuk melaksanakan puasa yah. Berikut ini adalah macam-macam manfaat bagi kesehatan tubuh kita:

1.Tubuh mengalami Detoksifikasi alami
Tahukah Anda bahwa dengan puasa secara tidak langsung Anda telah melakukan detoksifikasi alami? Benar, puasa membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, Ladies. Hal ini dikarenakan saat puasa lambung tidak terisi sehingga penyerapan nutrisi bekerja lebih optimal. Hal ini berakibat pada pembuangan racun dalam tubuh berjalan dengan efektif.

2. Puasa Mencegah tekanan darah tinggi
Saat puasa, kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh berangsur normal. Sehingga, dengan berpuasa memungkinkan penurunan tekanan darah dan kolesterol karena asupan makanan dan minuman yang mengandung lemak jahat dibatasi.

3. Puasa Meredakan nyeri
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan resiko terkena penyakit radang sendi atau arthritis. Hal ini berhubungan dengan peningkatan kemampuan sel netrofil yang berfungsi menetralkan racun penyebab radang pada persendian.

4. Dengan Puasa Mengistirahatkan pencernaan
Sehari-harinya, lambung bekerja sedemikian kuat untuk mencerna segala jenis makanan yang masuk. Tak ayal, banyak keluhan penyakit akibat banyaknya makanan yang masuk tanpa aturan. Namun, saat puasa, lambung akan beristirahat dan akan kembali bekerja secara optimal saat berbuka dan sahur saja.

5.Puasa merupakan Diet alami
Berhubungan dengan istirahatnya lambung, puasa juga dapat mengurangi berat badan secara tidak langsung. Karena, frekuensi makan dan ngemil berkurang sehingga memungkinkan lambung untuk istirahat dan tidak mencerna banyak makanan yang berakibat pada penimbunan lemak.

Jadi jangan sia-siakan kesempatan berpuasa yah…


Sumber: Vemale.com

0 komentar:

Posting Komentar